Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungan Presiden Turki Abdullah Gul ke Indonesia

Kunjungan Presiden Turki Abdullah Gul ke Indonesia mulai 4 hingga 7 April 2011 diharapkan dapat memperkuat kerangka kerja sama RI-Turki terutama sejak kunjungan Presiden Yudhoyono ke negara tersebut pada 2010.

Staf khusus Presiden bidang luar negeri Teuku Faizasyah dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, menyatakan bahwa sejumlah nota kesepahaman yang akan ditandatangani selain hasil nyata dari kunjungan juga menjadi kerangka bagi kerja sama yang lebih kokoh dan sistematis antara kedua negara.

"Pelaksanaan Forum Bisnis Indonesia-Turki diharapkan dapat mendorong kerja sama perdagangan dan investasi yang lebih besar," katanya.

Faizasyah menambahkan, kunjungan kenegaraan balasan Presiden Turki yang dilakukan kurang dari sepuluh bulan sejak kunjungan Presiden RI ke Turki (Juni 2010-red) mencerminkan kedekatan hubungan bilateral di antara kedua negara dan eratnya persahabatan di antara kedua Presiden," kata Faizasyah.

Presiden Gul didampingi Ibu Negara Turki Hayrunnisa Gul akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/4) mendatang.

"Rangkaian acara kunjungan kenegaraan tersebut, Presiden Gul dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan pada Presiden Yudhoyono, dilanjutkan dengan pertemuan bilateral disertai delegasi dari kedua negara," katanya.

Pembicaraan dalam pertemuan bilateral kedua Presiden akan difokuskan pada tindak lanjut hasil-hasil pertemuan Presiden Yudhoyono dan Presiden Gul pada Juni 2010 di Turki dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Ditambahkannya, kedua Kepala Negara akan menyaksikan penandatanganan sejumlah MoU di berbagai bidang, termasuk di antaranya kerja sama di sektor kepolisian, energi, di antara Kementerian Luar Negeri dan perjanjian bebas visa bagi paspor diplomatik dan paspor dinas.

Selain itu, akan dibicarakan pula isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama. Presiden RI dan Presiden Turki juga akan bersama-sama menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Turki. Demikian catatan online Recehan internet tentang Kunjungan Presiden Turki Abdullah Gul ke Indonesia.