Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang usaha di bidang pangan, sandang, dan energi

Peluang usaha di bidang pangan, sandang, dan energi di Indonesia sangat besar. Ini karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, jauh lebih banyak dibanding dengan negara lain.

Pengusaha muda Anindya Novyan Bakrie mengatakan bahwa saat ini produksi pangan dunia terus menurun, sedangkan jumlah penduduk kian bertambah. "Keterbatasan ini bisa menjadi peluang usaha," kata Anin kepada ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, saat memberikan materi sukses dengan wirausaha di kampus Dermaga, Bogor, Minggu 27 Maret 2011.

Anin mengatakan, negara-negara maju memiliki keterbatasan lahan dalam mengembangkan pertanian mereka. Sedangkan Indonesia memiliki banyak potensi dalam industri pangan.

Karena itu, Anin meminta agar mahasiswa IPB menjadi ujung tombak dalam pengelolaan sumber daya alam. "Apalagi fokus IPB di bidang pangan dan pertanian," katanya.

Sayangnya, Anin mengatakan, banyak lulusan perguruan tinggi yang hanya mengharapkan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). "Padahal orang-orang asing sangat tergiur dengan potensi sumber daya alam Indonesia," katanya.

Dia menegasakan, kunci sukses pengusaha adalah timbulnya ide atau gagasan cemerlang, yang bisa mengolah sumber daya alam menjadi memiliki nilai lebih. Selain itu, calon pengusaha juga harus fokus pada bidang yang akan ditekuni, serta membangun kepercayaan dengan investor maupun konsumen.

Ika Ratna, salah seorang peserta seminar, mengaku sangat termotivasi menjadi pengusaha yang mandiri. "Jadi kami lulus dari pergurun tinggi tidak hanya ingin menjadi PNS. Tapi, harus berwirausaha," katanya. Demikian catatan online Recehan internet tentang Peluang usaha di bidang pangan, sandang, dan energi.