Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa susulan pascagempa 7,1 skala richter

Warga Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin siang, dikejutkan dengan dua kali gempa susulan pascagempa 7,1 skala richter yang terjadi pada pukul 03.06 WIB.

"Tadi memang sempat terjadi dua kali gempa, tapi guncangannya jauh lebih kuat dari gempa yang tadi pagi," kata Camat Patimuan, Suharyanto, saat dihubungi ANTARA dari Cilacap.

Kendati sempat terkejut, dia mengatakan, warga Patimuan tetap tenang sama seperti saat terjadinya gempa yang terjadi pada Senin dinihari.

Menurut dia, hal itu disebabkan masyarakat telah diarahkan untuk tetap tenang saat menghadapi gempa bumi.

Dengan demikian, warga tetap tenang dan tidak mengungsi ketika diguncang gempa 7,1 SR. "Warga Pangandaran justru yang mengungsi ke Patimuan. Mereka pulang setelah subuh," katanya.

Secara terpisah, pengamat kegempaan dari Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Heri Susanto, mengatakan bahwa dua gempa susulan tersebut terjadi pada pukul 13.38 WIB dengan kekuatan 4,8 SR dan pukul 14.41 WIB dengan kekuatan 3.9 SR.

"Pusat gempa susulan tersebut berdekatan dengan pusat gempa yang terjadi pukul 03.06 WIB karena masih dalam satu rangkaian patahan," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan masih adanya gempa susulan, dia mengatakan, kemungkinan itu masih ada karena saat ini patahan tersebut sedang berada pada masa-masa untuk menyetabilkan. Demikian catatan online Recehan internet tentang gempa susulan pascagempa 7,1 skala richter.