Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kilang Refinery Unit IV Cilacap yang meledak dan terbakar

PT Pertamina (Persero) terus berusaha memadamkan api di tangki 31 T-2 kilang Refinery Unit IV Cilacap yang meledak dan terbakar pada Sabtu, 2 April 2011, pukul 04.55 WIB.

Bahkan, menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, M. Harun, saat ini, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan sudah berada di lokasi Kilang Cilacap. "Ya, untuk secara langsung memantau perkembangan usaha pemadaman api," kata dia.

Dia menuturkan, dalam pemadaman api tersebut mengalami kendala, yakni berubah-ubahnya arah angin, sehingga membuat api merambat ke tanki lain yakni tangki 31 T-3 yang berada di sebelahnya.

"Untuk mengatasi hal itu, Pertamina mengupayakan penambahan supply foam untuk membantu memadamkan api dan berusaha melokalisir kembali api," tutur Harun.

Sementara itu, Harun mengatakan, usaha pengosongan tanki tetap terus dilaksanakan Pertamina. Begitu juga, usaha mencegah penyebaran api dengan cara menggunakan tirai air di tangki-tangki lain yang terdekat.

Bahkan, dia melanjutkan, untuk menjaga keamanan usaha pemadaman, saat ini, salah satu unit tangki yang terdekat dengan tangki yang terbakar tersebut dihentikan operasinya. Sedangkan unit-unit lainnya tetap beroperasi normal. "Jadi, pasokan BBM dinyatakan masih normal," ujar Harun. Demikian catatan online Recehan internet tentang kilang Refinery Unit IV Cilacap yang meledak dan terbakar.