Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemerintah AS

Pemerintah AS sedang membahas dengan beberapa pejabat Mesir sebuah rencana yang memungkinkan Presiden Hosni Mubarak segera mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan transisional yang dipimpin oleh Wakil Presiden Omar Suleiman.

Laporan harian New York Times yang mengutip keterangan dari beberapa diplomat Presiden AS Barack Obama dan diplomat Mesir menyebutkan rencana itu ditujukan untuk mendapatkan dukungan dari militer Mesir.

Meskipun Mubarak menolak untuk menyerahkan jabatannya, pejabat dari kedua pemerintahan aktif menggelar sejumlah perundingan untuk menyusun rencana guna melancarkan jalan bagi Suleiman dengan mendapat dukungan militer Mesir untuk segera memulai proses reformasi konstitusional.

Menurut New York Times, proposal rencana itu juga mencakup seruan dibentuknya pemerintahan sementara, yang melibatkan sejumlah besar kelompok oposisi, termasuk kelompok terlarang Ikhwanul Muslimin, guna memulai proses penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil pada September mendatang. Demikian catatan online Recehan internet tentang Pemerintah AS.