Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi penganut ajaran Buddha

Bagi penganut ajaran Buddha (Tionghoa), vegetarian (pemakan sayur) dipercaya dapat mengurangi dosa seseorang. Selain itu, Tak sekadar sebagai ibadah tetapi juga sebagai upaya untuk meminimalisir pemanasan global. Pimpinan Cabang Indonesia Vegetarian Society (IVS) Kota Medan,Anna menyebutkan vegetarian bisa membuat hidup jadi lebih sehat. Resiko lemak yang menumpuk,kelebihan berat badan (obesitas) akibat mengkonsumsi daging tidak akan menimpa seorang vegetarian. Bagi umat Buddha, bervegetarian dipercaya dapat membantu karma dan mengurangi dosa seseorang.

“Saya melihat gaya hidup vegetarian dalam beberapa tahun terakhir sudah menjadi tren di negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan Selandia Baru, sementara di Indonesia, yang menjadi kendala perkembangan vegetarian yakni daging masih dianggap sebagai hidangan utama,”ujarnya kepada media massa, kemarin. Begitupun, Anna menyebutkan sejauh ini, masyarakat Medan sudah cukup apresiatif terhadap vegetarian. Hal itu terlihat dengan semakin banyaknya orang yang beralih menjadi vegetarian dengan berbagai alasan seperti kesehatan, etika dan bahkan karena alasan kemanusiaan.

“Bervegetarian memberikan manfaat luar biasa dan berlipat ganda. Selain dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kolesterol, mengurangi resiko kanker dan stroke akibat darah tinggi, vegetarian juga merupakan gaya hidup sehat yang populer dan ramah lingkungan,” kata Anna. Sebab, satu penelitian menyebutkan, daging merupakan komoditas penghasil emisi karbon yang paling intensif, bahkan melebihi kontribusi emisi karbon gabungan seluruh kendaraan bermotor di dunia dan merupakan biang utama pemanasan global yang mengerikan.

Teo Ai Chia, seorang management representative di sebuah perusahaan baja di Medan yang sedang bervegetarian menyebutkan dirinya memang sering vegetarian.“Saya biasanya vegetarian selama tiga bulan, setelah itu kembali memakan daging, selama vegetarian saya merasa sehat,”ujar Teo. Teo juga menjelaskan, dalam setahun dia melakukan ibadah vegetarian dua kali. “Selain sebagai ibadah,vegetarian juga dapat membantu saya mengurangi lemak di tubuh.

Selama ini saya memiliki jerawat yang sangat banyak, karena kulit saya cenderung berminyak, tetapi sejak saya vegetarian jerawat di wajah saya juga berkurang,”paparnya. Selama menjalani vegetarian, Teo hanya mengonsumsi sayur-sayuran. “Sekarang tidak sulit lagi mencari makanan vegetarian.Apalagi sudah banyak restoran yang menjual makanan vegetarian. Namun, kalau mau memasaknya sendiri juga tidak sulit, tentunya kalau kita mau sehat bisa dicoba vegetarian,”terangnya. Demikian catatan online Recehan internet tentang Bagi penganut ajaran Buddha.