Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta meminta Pemerintah DKI Jakarta segera menyiapkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4) yang akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.

Diperlukan langkah luar biasa dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menyiapkan DP4. Diharapkan, data tersebut memiliki akurasi tinggi, sehingga saat pemutakhiran data, kerja KPUD tidak terlalu berat. Sebab waktu persiapan kami sangat singkat," kata Ketua KPUD DKI, Juri Ardiantoro, Jumat malam, 22 Juli 2011.

Terkait data DP4, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea, menyatakan siap mendukung proses pengumpulan data. Sebab selama database yang dimiliki Dinas Dukcapil DKI sudah terintegrasi, sehingga keakuratan data penduduk sangat terjamin kebenarannya.

Kami siap membantu KPUD DKI dalam hal penyiapan data kependudukan yang dibutuhkan," kata Purba. KPUD juga meminta kepada Pemprov DKI segera malakukan
sosialisasi Pemilukada dalam waktu dekat ini. Karena sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki KPUD DKI sangat terbatas.

Selain itu, KPUD juga meminta percepatan proses pemenuhan sarana dan prasarana kantor KPUD DKI, seperti perbaikan dan rehabilitasi gedung KPUD dan SDM PNS DKI yang ditempatkan di KPUD DKI ditambah jumlahnya.

Mengenai jadwal pelaksanaan pemilihan, Juri mengakui sampai saat ini KPUD DKI belum menentukan jadwal pasti. Sebab sekarang masih dalam proses penyusunan jadwal dan program Pemilukada. Namun pastinya, tahapan awal akan dimulai Maret 2012, dengan langkah awal penentuan petugas dan pelatihan petugas.

"Sampai saat ini kami masih kesulitan dalam menentukan hari pelaksanaan pencoblosan. Karena terbentuk dengan bulan puasa dan Lebaran. Tapi yang pasti, paling lambat pemunguran suara harus dilaksanakan pada 7 September 2011, tidak boleh lewat dari tanggal itu," tegasnya. Demikian catatan online Recehan Internet yang berjudul Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada.