Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telkomsel Regional Sulmalirja

Telkomsel Regional Sulmalirja (Sulawesi Maluku dan Irian Jaya) akan selesaikan penambahan 120 BTS selama Ramadhan. Hal itu dilakukan demi kenyamanan pelanggan untuk berkomunikasi di Hari Raya Idul Fitri 1432 H.

"Hingga hari ini, Kami sudah membangun 659 BTS. Kami targetkan penambahan 120 unit lagi untuk digunakan pada lebaran nanti. Itu agak berat, tapi demi kenyamanan pelanggan, kami siap berbuat optimal, "jelas General Manager Network Operation Telkomsel Area Sulmalirja, Cecep Riswanda kepada media, Jumat (5/8/2011).

Dari target itu, 30 persen di antaranya akan dibangun di Makassar. Pasalnya kata Cecep, trafik penggunaan suara, sms dan data di Makassar rerata lebih tinggi dibandingkan daerah lain.

"Bayangkan dari 14 juta pelanggan telkomsel saat ini, 40 persen pengguna voice (telepon, redaksi) ada di Makassar. Pengguna sms 60 persen di Makassar dan pengguna data (internet, redaksi) 55 persen di Makassar. Karena itu Makassar Kami prioritaskan. Itupun keluhan pelanggan masih banyak, " tuturnya.

Data yang dilansir Telkomsel Area Sulmalirja menyebutkan, selama tahun 2011 trafik voice mencapai 153 juta panggilan perhari dan trafik sms mncapai 304 juta sms perhar.

Dibandingkan trafik normal 2010 lalu, trafik voice dan sms mengalami penurunan. Tahun lalu untuk voice sebanyak 167 juta panggilan perhari dan sms adalah 240 juta sms perhari. Namun trafik data meningkat drastis, dari 724 Gigabyte tahun 2010 menjadi 2,3 Terabyte tahun ini. Jumlah pelanggan di tahun 2010 sebanyak 11 juta.

"Kami menggunakan metode rapid check langsung ke lokasi BTS jika menerima gangguan atau rendahnya jaringan di lokasi tertentu. Monitoring kualitas jaringan dengan metode drive test juga Kami lakukan secara rutin. Hal itu demi jaminan jaringan berkualitas. "pungkas Cecep.

Saat ini kapasitas jaringan di Telkomsel Area Sulmalirja mencapai 200 ribu panggilan secara bersamaan dan 6000 sms per detik. Hingga akhir tahun, ditargetkan pembangunan BTS hingga 1.200 unit. Demikian catatan online Recehan Internet yang berjudul Telkomsel Regional Sulmalirja.